11 Mei 2011

Belajar Perhitungan Manual Analisis Regresi Linier Multipel dengan Matriks


Hahahah, tulisan ini sebenarnya hanya mengungkapkan kegalauan hati dan ketidakprofesionalan ilmu yang dimiliki oleh penulis. Tugas 'Statistika Terapan" kali ini memang begitu menantang, walaupun hanya pelajaran S-1 yang diulang (Katanya), akan tetapi membuat kami peras keringat dan membanting tulang. Untuk mengakali supaya ngak terlalu "blank" malam ini saya coba-coba menelusuri buku-buku S-1 yang telah terhimpit rapi di susunan paling bawah, saya menemukan 2 buku statistika terapan, yang 1 berjudul "Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian" yang ditulis oleh salah satu dosen saya di S-1, yaitu Pak Sambas Ali Muhidin. Buku yang satu lagi yaitu "Metoda Statistika Edisi ke-4" benar-benar buka yang sangat klasik terbitannnya, tapi isinya luar biasa. Buku ini dikarang oleh Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc. Setelah baca (dikit doang) saya coba untuk memulai mengerjakan tugas mata kuliah "Statistika Terapan" ini(bari nunutan +facebook tea atuh). Dosen pengampu mata kuliah ini adalah Dr. Kusnendi, Ms. Beliau merupakan salah seorang pakar statistika di kalangan Universitas Pendidikan Indonesia, khususnya di Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB, fakultas simkuring baheula, basa mora keneh, heheheh), ah matak lieur ieu, langsung we lah baca ieu aya sakedik elmu anu simkuring abuskeun kana ieu blog. Judulna mah disamikeun we siga tugas, nyaeta : ANALISIS REGRESI LINEAR MULTIPEL
Diasumsikan model regresi linear multipel dengan m variabel regresor sebagai berikut:





  
Menurut Ragnar Frisch (1934) multikolinearitas terjadi karena adanya hubungan linear sempurna/hampir sempurna di antara variabel-variabel regresor dalam suatu model regresi (Gujarati, 2003). Multikolinearitas timbul ketika terdapat penyimpangan keortogonalan dari himpunan regresor dan hal ini bisa menjadi masalah yang serius (Grill, 1998).  Multikolinearitas dapat dibedakan menjadi multikolineritas sempurna dan multikolinearitas hampir sempurna, sebagaimana yang dijelaskan berikut ini. Multikolinearitas sempurna berarti adanya hubungan linear sempurna antar variabel


yang berarti bahwa antar variabel regresornya terdapat hubungan



DISCLAIMER STATEMENT :

  • Isi, berita, dan materi lainnya diambil / disadur dari banyak sumber.
  • Hak cipta dari Isi, berita dan materi di web kami adalah milik dari sumber yang bersangkutan.
  • kami sama sekali tidak berniat untuk melakukan pembajakan dari sumber manapun, semua artikel atau materi yang ada di web ini merupakan artikel atau berita yang pernah kami baca, lalu kami dokumentasikan di web ini supaya bisa dilihat oleh rekan-rekan sekalian, kami lebih memilih web ini sebagai salah satu cara menyambung silaturahmi.
  • Jika ada yang berkeberatan dengan pemuatan isi, berita ataupun artikel yang ada di web kami, silahkan anda hubugi mail@zulafdal.com dan kami tidak akan keberatan untuk menurunkan isi materi tersebut .
  • Bagi anda yang ingin menyebarkan/menggunakan materi yang ada di web kami, silahkan saja dengan mencantumkan http://www.zulafdal.com  sebagai sumbernya.

Tanggapan Pembaca:

0 komentar:

Jasa Web Murah

Kabar UPI