15 Mei 2001

"Anak Sipasan" & "Bakalaha" musik (hiburan) dikala sepi datang menghampiri


Selepas sholat zhuhur, kuberjalan sedikit ke pinggir jalan, karena bestcamp tempatku rehat tak jauh dari pinggir jalan besa. ku coba dongakkan kepala melihat awan yang ada di atas sana, ternyata mendung menginggapi, alangkah indahnya hidup ketika semuanya terasa suram, tapi ada satu titik yang terlintas dibenakku, aku harus bisa !!! aku harus bisa !!!, ku masuk ke kamarku dan kuhampiri compi yang ada di atas mejaku, dengan sigap ku klik dua kali shortcut "Qur'an Flash Tajwid" terus kulanjutkan hanca harianku, setelah selesai melanjutkan hanca harianku, ku terbaring disebuah kasusr angin yang sudah 2 kali bocor tentunya, so udah ada 2 kali tambalan di diri kasur tersebut. ku teringat masa-masa aku di rumah, kurang lebih 15 tahun yang silam, dengan seperangkat audio musikku, aku membuat kamar kecilku hampir retak di sela-sela dindingnya karena kerasnya dentuman musik. Biasanya dikala suntuk dan "stress" atau futur, setelah mengaji aku mendengarkan beberapa musik kesukaanku, diantaranya ada "Anak Sipasan" dan "Bakalaha". Pasti anda terkejut dengan kedua lagu itu khan ??? Itu lagu dari dua daerah yang mewakili diriku yaitu Darah Minang dan Darah Ocu, siapa lagi coba yang akan melestarikan lagu daerah kita kalau tidak diri kita sendiri, itu mungkin adalah satu-satunya nilai kearifan lokal yang masih ada di dalam diriku, karena kurang lebih 10 thaun aku merantau ke kota kembang yang sangat mempesona. Walaupun tidak dengan perangkat audio musik yang lengkap, tidak mematahkan semangatku untuk kembali mengenang masa-masa itu, ku ambil headset dan ku coba serching kedua lagu itu di dalam "External storage" yang aku miliki, emang agak lama untuk bisa menemukan kedua lagu tersebut karena harus menjaring dari jutaan file yang ada di storage 1 Tb ku. Akhirnya kedua lagi itu juga bisa menghilangkan kesepianku walaupun aku jauh dari kampung halamanku. Sedih memang ketika mengingat masa-masa bisa berkumpul dengan orang-orang yang kita sayang dan cintai. Ada beberapa nilai positif yang dapat saya ambil dari kedua lirik lagu tersebut, pertama dari lirik lagu "Anak Sipasan" :

Anak Sipasan dalam rimbo
Mati di golek-golek batang
Nan bapasan kami nan tido
Ratok tangih manyuruah pulang
Ondeh ondeh iyo…
Manyuruah pulang ondeh tuan oi…

Pilin bapilin tali rantai
Ka tali sampan di muaro
Kirim bakirim indak sampai
Hati lah mabuak kaduonyo
Ondeh ondeh iyo…
Hati lah mabuak yo kaduonyo


Lirik lagu ini yang sangat memberikan kenangan kepadaku (lebihnya kepada reinforcement) untuk bisa cepat pulang ke kampung halamanku. Ketika ku hayati dan dengarkan lirik lagu ini sering air mataku keluar tanpa sengaja. Di laku yang kedua sebenarnya lebih kepada motivasi, yaitu aku teringat kepada teman-temanku yang sama-sama merantau kuliah ke jawa, banyak mereka yang tidak selesai kuliah karena "Bakalaha" aku berusaha untuk selalu menghindari hal ini, Agar cita-citaku tercapai lebih cepat yaitu selesai kuliah dan kembali ke kampung halaman. Ini lirik lagunya :

Bakalaha tu apo tu cu
Bakalaha tu
Bakawan lalu hamil tapaso menika
Ala sampai sikolah takipai malolah
Anak iyusuke bakalaha
Anak iyusuke bakalaha
Harapan amak ayah anaknyo sarjana
Tapi dek bakalaha tapaso ke KA-U-A


Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan pelajaran khususnya bagi diriku dan umumnya untuk kita semua. Chayooo !!!

DISCLAIMER STATEMENT :

  • Isi, berita, dan materi lainnya diambil / disadur dari banyak sumber.
  • Hak cipta dari Isi, berita dan materi di web kami adalah milik dari sumber yang bersangkutan.
  • kami sama sekali tidak berniat untuk melakukan pembajakan dari sumber manapun, semua artikel atau materi yang ada di web ini merupakan artikel atau berita yang pernah kami baca, lalu kami dokumentasikan di web ini supaya bisa dilihat oleh rekan-rekan sekalian, kami lebih memilih web ini sebagai salah satu cara menyambung silaturahmi.
  • Jika ada yang berkeberatan dengan pemuatan isi, berita ataupun artikel yang ada di web kami, silahkan anda hubugi mail@zulafdal.com dan kami tidak akan keberatan untuk menurunkan isi materi tersebut .
  • Bagi anda yang ingin menyebarkan/menggunakan materi yang ada di web kami, silahkan saja dengan mencantumkan http://www.zulafdal.com  sebagai sumbernya.

Tanggapan Pembaca:

0 komentar:

Jasa Web Murah

Kabar UPI