12 Desember 2011

Pencarian Dengan Menggunakan Google Berdasarkan Hari, Bulan & Tahun


Index pencarian google berubah semakin cepat dan data dari index pencarian yang pertama selalu di simpan, akan semakin mudah jika membatasi pencarian berdasarkan tanggal yang telah di index oleh google. opsi ini bisa dilakukan pada google advanced search di alamat http://www.google.com/advanced_search?as_qdr=d , opsi pencarian berdasarkan tanggal terdiri dari : pencarian berdasarkan periode waktu sehari kemarin, seminggu kemarin, sebulan kemarin, 2 bulan kemarin, 3 bulan kemarin, setahun kemarin.
Jika dicoba dilihat kembali url pencarian pada google, maka akan terlihat as_qdr sebagai kode untuk pencarian menggunakan tanggal. berikut adalah contoh untuk melakukan pencarian dengan kata "afdholtea" yang ada pada google selama 24 jam ini.  

http://www.google.com/search?q=afdholtea&as_qdr=d
Dengan pencarian tsb maka dalam hasil pencarian hanya akan terlihat web baru yang telah update selama periode 24 jam ini, sedang web yang lain di abaikan. hal yang paling menarik adalah kita bisa merubah nilai dari variabel as_qdr ke beberapa interval waktu, berikut adalah beberapa parameter yang bisa dirubah pada as_qdr :

d[nomor] - nomor dari hari (contoh d10 menunjukan pencarian selama sepuluh hari yang lalu)
w[nomor] - nomor dari minggu (contoh w2 menunjukan pencarian selama 2 minggu yang lalu)
y[nomor] - nomor dari tahun (contoh y3 menunjukan pencarian selama 3 tahun yang lalu)
Contoh , http://www.google.com/search?q=afdholtea&as_qdr=d10 akan memberikan hasil pencarian yang mengandung kata kucing yang datanya paling baru selama 10 hari ini.

Tanggapan Pembaca:

Jasa Web Murah

Kabar UPI