17 Maret 2004

Contoh format penulisan proposal penelitian ilmiah


Hahahah, tulisan ini hanya sekadar sharing ilmu, khusunya bagi seluruh mahasiswa bimbingan kami, ilmu yang akan kami sharing pada kesempatan kali ini adalah bagaimana format menulis sebuah proposal penelitian ilmiah yang baik dan dapat diterima oleh pembimbing maupun penguji. Di bawah ini ada contoh format penulisan propsal penelitian ilmiah. Semoga bermanfaat.

A.    Judul (Isi dengan judul skripsi, tesis atau desertasi)
            Penerapan pembelajaran e-learning dengan aplikasi moodle terhadap  Sikap belajar  dan  penguasaan konsep  (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Mata Kuliah Kewirausahaan Di Fkip Uir Pekanbaru – Riau)
B.     Latar Belakang Penelitian
            Dengan adanya  perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin  pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI  menjadi tuntutan zaman. Perkembangan itu dalam dasawarsa terakhir telah memunculkan sistem teknologi informasi-komunikasi nirkabel yang terpadu dengan perangkat pengolah informasi berbasis jaringan global sehingga dimensi ruang dan waktu kini tidak lagi membatasi dua pihak atau lebih untuk saling berinteraksi. Perkembangan ini telah menawarkan paradigma dan strategi baru dalam pembelajaran di perguruan tinggi, yaitu e-learning. E-learning telah menjadi salah satu kebutuhan bagi sivitas akademika, mengingat baik dosen, mahasiswa maupun institusi pendidikan telah memanfaatkan teknologi komputer dalam kegiatan belajar mengajar.
            Istilah e-learning secara umum didefinisikan sebagai sebuah proses pembelajaran yang dilakukan melalui jaringan komputer atau yang dewasa ini kita kenal dengan internet (Munir, 2008; Wahono, 2008; Anderson, 2008). Integrasi TI ke dalam strategi pembelajaran sekarang ini merupakan suatu keniscayaan, sebab strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi lulusan. Integrasi itu merupakan suatu hal yang sangat mungkin dan potensial untuk dikembangkan, karena pada dasarnya proses
pendidikan sebenarnya juga merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi “pedagogis”.             
Lengkapnya silahkan download di sini.

Tanggapan Pembaca:

0 komentar:

Jasa Web Murah

Kabar UPI