26 Maret 2012

Terimakasih Allah atas pengalaman luar biasa

Subhanallah, hari ini banyak sekali pengalaman-pengalaman dari orang-orang luar biasa yang menghiasi perjuangan. Ternyata arif, bijak dan fokus (istiqomah) merupakan kunci dari segalanya. Di luar sana banyak orang yang berilmu, akan tetapi mereka lupa akan arif terhadap penyampaian ilmu mereka, bijang dengan pengguanaan ilmu mereka dan fokus akan keobjektivan ilmu itu sendiri. Hidup itu tidak hanya dari sekadar ilmu, ilmu yang bisa membuat hidup adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Keberadaan subuah ilmu itu tidak membuat oran glain terasa dihakimi, terasa diadili atau mungkin terasa disakiti. Ilmu itu media penghantar dalam berkomunikasi. Allah menciptakan ilmu untuk dipelajari dan disampaikan . Walaupun mungkin sekecil biji zarah. Sungguh bersyukurlah orang-orang yang berilmu arif engan ilmu mereka. bijak terhadap tingkah tanduk mereka dan terus menggali ilmu itu tidak melebihi dari kemampuan mereka dalam berfikir. 

Allah, menciptakan manusia dengan segala kesempurnaan. Kita bisa melihat begitu banyak kelebihan yang dimiliki oleh manusia. Begitu banyak yang bisa dijadikan perantara ilmu untuk mendekatkan diri kepada Allah. Untuk mendekatkan diri kepada manusia. Untuk saling bisa menghargai, menghormati, tepa salera antar manusia.

Setelah ilmu, kita juga butuh pengalaman, pengelaman itu datang seiring fdengan proses pencerian ilmu. Tak mungkin seoran gyang berilmu tidak berpengalaman dengan ilmunya. Minimal dengan ilmunya sendiri. Dengan adanya pengalaman kita bisa bersama-sama mendidkusikan fenomena-fenomena yang terjadi mengenai sebuah ilmu. Memang terkadang suka ada perbedaan, tapi apakah dengan adanya perbedaan itu akan menjadikan tali komunikasi silaturahmi akan hancur karena sebuah ilmu. Ilmu itu harus arif, bijak dalam menjadikan manusia makhluk Allah yang sempurna. Buktikan kita benar-benar makhluk yan gpaling sempurna dibanding makhluk-makhluk lainnya. Kita bisa berfikir dengan kebenaran sebuah ilmu tapi kita tidak akan bisa menilai kebaikan sebuah ilmu. Baik itu sudah tentu benar, tapi benar itu belum tentu baik.

Tanggapan Pembaca:

0 komentar:

Jasa Web Murah

Kabar UPI