05 April 2012

Mandala Terbang Lagi Mulai Hari ini

Penulis : Muhammad Aditia Setiaajid | 05 April 2012


1333613452111897465
Pesawat Mandala Airlines jenis A320 dengan rute Jakarta-Medan mendarat di Bandara Polonia, Medan, Kamis (5/4/2012) sekitar pukul 13.40 WIB. Rute ini adalah penerbangan perdana Mandala Airlines setelah sempat berhenti beroperasi pada awal 2011./Admin (KOMPAS.com/Ester Meryana)
Hari ini di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta diadakan upacara sederhana sebagai dimulainya kembali penerbangan Mandala Airlines yang sempat mati suri selama satu tahun 3 bulan itu. Penerbangan perdana sendiri dimulai dengan rute ke Medan yang akan berangkat pada pukul 11.00 WIB.
Bangunan Terminal 3 hari ini tidak seperti biasa. Secara sepintas mirip dengan bangunan tempat pesta perkawinan kelas menengah atas. Banyak sekali karangan bunga ucapan selamat bertebaran di depan terminal. Saya sempat membaca dan mengambil beberapa foto baik yang berbahasa Indonesia maupun Inggris.
13336019871662806303
Ucapan Selamat
Di antara karangan bunga tersebut, ada yang dari PT Saratoga Investama Sedaya, yang konon sekarang menjadi pemegang saham utama Mandala Airline. Selain itu ada juga dari PT JAS Aero Engineering Services dan SIA Engineering Company, dua perusahaan yang menangani perawatan pesawat-pesawat Mandala yang 33 persen sahamnya dimiliki oleh Tiger Airways dari Singapura.
Tepat pukul 9.30 pagi, upacara pun dimulai dengan pembawa acara yang sangat cantik. Sebagaimana biasa rentetan formalitas berupa pidato pemegang saham, komisaris dan juga pejabat di Departemen Perhubungan dan penguasa Bandara yaitu PT Angkasa Pura segera bergulir satu per satu.
1333602013712694291
Sandiaga Uno & Edwin Soeryadjaya
Di antaranya adalah Sandiaga Uno, sebagai wakil dari Saratoga yang sekarang memiliki 51 % saham Mandala. Yang menarik adalah kehadiran dan juga diperkenalkannya Edwin Soeryadjaja, yang juga sebagai partner Sandiaga di Saratoga.
Dari pihak manajemen Mandala sendiri, mucul mantan menteri perhubungan RI, yaitu Jusman Syafii Djamal, yang sekarang berperan sebagai Komisaris di Mandala.
Upacara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh ustadz terkenal yaitu Yusuf Mansur dan kemudian ditutup dengan pemotongan kue bergambarkan pesawat Mandala yang baru.
Para undangan dengan tertib menyaksikan semua rangkaian upacara yang juga diiringi musik ringan penyanyi yang cukup terkenal. Sementara hidangan makanan ringan dan minuman juga ikut menghapus lapar dan haus di pagi yang cerah itu. Bersamaan dengan itu para pemburu berita  termasuk dari Kompasiana dan juga Kompas TV sibuk jepret sana jepret sini.
Kehadiran Tiger Arways dari Singapura sebagai pemegang saham sekaligus pihak yang mengoperasikan Mandala Airlines yang baru ini diperkuat dengan susunan direksi yang semuanya terdiri dari ekspatriat. Tampil juga berpidato CEO Mandala yang baru, yaitu Mike Coltman. Karena itu upacara ini pun dihadiri oleh yang mulia Duta Besar Republik Singapura untuk Indonesia.
Setelah upacara resmi selesai, para undangan sempat beramah-tamah dengan direksi, komisaris, dan juga pemegang saham Mandala. Sebagian besar dari para undangan ini juga mendapat kesempatan untuk menjajal pesawat terbang Airbus 320 Mandala yang baru pada penerbangan perdana ke Medan.
Pesawat dengan no penerbangan RI 092 ini akan tinggal landas menuju Medan pada pukul 11.00 dan memiliki kapasitas 180 penumpang dengan semua kursi yang dilapisi kulit. Seluruh kursi akan menjadi kursi kelas ekonomi, karena Mandala tetap konsisten sebagai salah satu low cost carrier dan meramaikan persaingan dengan “market leader” di kancah LCC ini yaitu Air Asia dan juga Lion Air.
Medan dipilih sebagi rute pertama karena dianggap secara historis merupakan basis pelanggan Mandala yang setia dan juga merupkan salah satu rute gemuk yang paling menguntungkan. Selain itu Mandala juga akan melayani rute regional sepertiSingapura dan Kuala Lumpur.
13336021761981762361
RI 093 dari Medan
Sekitar pukul 10 45, para penumpang pun bersiap-siap untuk naik pesawat menuju Medan untuk kemudain kembali lagi sore nanti sekitar pukul 17.15. Semoga kali ini Mandala Airlines akan sukses dalam memberikan satu lagi alterntif bagi penumpang untuk terbang ke kota-kota tujuan baik domestik maupun internasional. Semoga!

[Sumber : Kompasiana.com]

Tanggapan Pembaca:

0 komentar:

Jasa Web Murah

Kabar UPI