07 Mei 2012

Internet dengan SMARTFREN, I LOVE YOU and I HATE SLOW


Subki Raz | 07 May 2012 

Sudah lama sebenarnya saya mendengar tentang SmartFren yang punya slogan I HATE SLOW. Tetapi saya fikir, itu hanyalah slogan basi yang hampir semua operator memproklamasikan diri UNLIMITED. Ternyata Unlimited punya segala macam syarat seperti dibatasi Kuota dan Kecepatan (Speed). Kuota yang diberikan sebanding dengan tarif atau biaya langganan internet Pra Bayar.
Saya sudah bosan dan tidak percaya lagi sama promo XL maupun Telkomsel Flash. Baca Pengalaman saya di sini. Mereka menawarkan High Speed, tetapi ujung-ujungnya, speednya VERY SLOW. Tentu saja membuat sakit hati saja. Betapa tidak, sedang asyik-asyiknya mendownload software atau menonton TV Streaming, tiba-tiba speed anjlok. Bubarlah semua harapan berinternet cepat. Belum lagi harus ekstra sering melihat kuota, karena operator akan langsung men-DISCONNECT tanpa ampun jika batas kuota sudah terpenuhi. Semisal XL HOTROD 3G, menawarkan kuota 200 MB dengan biaya 25.000. Ada Telkomsel Flash Unlimited membatasi kuota 300 MB dengan tarif 50.000 rupiah.
Kemarin baru saja saya membeli modem SmartFren di toko Grand Hero Pancor, Lombok Timur. Ternyata paket modem ini cukup lengkap karena sudah dilengkapi dengan beberapa informasi yang penting kepada pelanggan. Di dalam box modem manis berwarna pink berisi antara lain:
  • Modem SmartFren

  • Daftar Gerai SmartFren

  • Buku Petunjuk Install

  • Syarat dan Ketentuan Paket Internet

  • Cara Isi Ulang, dll
Sebagai perbandingan dari pengalaman saya berinternet, SmartFren ini lebih oke dari AXIS. AXIS lebih joss dari Flash, dan Flash lebih stabil dari XL. Tetapi tentu saja semua pengalaman saya akan berbeda dengan daerah anda, karena semua juga tergantung kualitas sinyal di BTS dan speed yang ditawarkan.
Oh ya, tulisan ini juga bisa Online karena saya pakai modem plus kartu Smart Fren di daerah pinggiran yaitu di Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur NTB. Operator lain di sini hanya memberikan sinyal GPRS dan sangat lelet untuk internet. Tetapi SmartFren ini malah sudah memberikan sinyal EVDO (setara 3G).Kecepatan Download 3,1 mbps dan Upload 253 kbps.
Saya rekomendasikan pembaca untuk mencoba SmartFren ini. Ini bukanlah promosi, tetapi benar-benar ingin mengajak saudara untuk menikmati internet cepat. Jadi kiranya tidak salah kalau SmartFren memang I HATE SLOW.
Berikut ini beberapa screenshot dari kecepatan SmartFren serta hasil speedtestnya.
1336368506451433241
1336368560604501191
Kecepatan Download
13363677221047384379
Kecepatan Download dengan SmartFren

Tanggapan Pembaca:

1 komentar:

bener kah gan smartfren dah sampai lombok timur (terutama selong)?
soalnya saya tugas di selong, namun saat ini saya lagi ada tugas di luar kota selama 2 tahun disemarang.
dulu (tahun 2010-2011) di selong belum ada sinyal smartfren.
kalo memang dah ada jadi saya gak perlu melego modem n gadget smartfren saya kalo balik lagi ke selong. thank.

Jasa Web Murah

Kabar UPI