24 Desember 2012

Team Learning Versus Elearning

Elearning Milaulas

Pengertian "Team learning" bagi peserta didik adalah suatu proses pembelajaran yang lebih menitik beratkan kepada peserta didik untuk mencarikan solusi terhadap suatu permasalahn, yang mebedakannya dengan startegi pembelajaran yang lainnya adalah mereka membentuk Tim Belajar, sehingga masalah yang ditemui peserta didik selama proses pendidikan, dapat diselesaikan bersama "Team Learning". Dengan adanya "Team Learning" selain sebagai tempat untuk berbagi materi, dapat juga sebagai media untuk bersosialisasi dan bermain. Sehingga akan menghidupkan kembali kreativitas dan kepercayaan peserta didik. "Team learning focuses on the ability of a team working together. It involves the interaction of learners with each other learners, and provides tasks to work together when the learning process is ongoing". Maksudnya Tim belajar berfokus pada kemampuan dari sebuah tim bekerja secara bersama. Hal ini melibatkan interaksi peserta didik yang satu dengan peserta didik lainnya, serta memberikan tugas untuk dikerjakan secara bersama-sama ketika proses belajar itu berlangsung.

Hal ini juga akan memungkinkan menjadikan tim sebagai media transfer keterampilan dengan mengamati tindakan dan pemikiran teman tim belajar, sehingga pemecahan masalah dapat dilakukan secara kolektif.
Bagaimana pula dengan elearnig ? Di negara-negara maju sudah banyak sistem pembelajaran yang berlalih ke era digital. Sebahagian mereka tidak lagi menggunakan pembelajaran secara konvensional, baik dari proses pembelajaran sampai kepada proses evaluasi hasil pembelajaran. E-learning mencakup semua bentuk pembelajaran elektronik yang mendukung dalam proses pembelajaran itu sendiri, termasuk Sistem informasi dan komunikasi yang ada di dalamnya, termasuk seluruh multimedia yang ada di dalamnya (Audio, Video dan Audio-Video). Proses pembelajaran ini bisa menggunakan jaringan atau juga tidak karena yang menjadi fungsi utama dari E-learning adalah sebagai media untuk melaksanakan proses pembelajaran yang lebih baik.

E-learning adalah pendigitalisasian proses pembelajaran, bahan pembelajaran sehingga dapat menjadi fungsi transfer keterampilan dan pengetahuan. E-learning meliputi aplikasi dan proses pembelajaran berbasis web, pembelajaran berbasis komputer, pendidikan virtual dan kolaborasi digital. Hal semacam ini diharapkan dapat membuat perbedaan besar dalam proses pendidikan. Secara khusus, peserta didik dapat berinteraksi dengan media baru, dan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, persepsi dunia, di bawah pengawasan orang tua dan tenaga pengaja

Tanggapan Pembaca:

Jasa Web Murah

Kabar UPI